obj3

AWS bersama Kemenkominfo siap dukung digitalisasi di Indonesia

Kontan.co.id - 23/11/2021, 14:56 WIB
ILUSTRASI. Gunawan Susanto, Country Leader AWS Indonesia dalam media briefing di Pacific Place,

JAKARTA, KONTAN.co.id - Revolusi Industri 4.0 telah memberikan perubahan terhadap preferensi dan gaya hidup konsumen secara lebih modern, sehingga membuat permintaan barang dan jasa pun banyak yang beralih ke pasar digital.

Faktor tersebut membuat banyak perusahaan-perusahaan besar mulai berinovasi dan fokus pada penggunaan teknologi agar memudahkan mereka dalam mencapai target konsumen.

Country Manager Amazon Web Services (AWS) Regional Indonesia Gunawan Susanto menyampaikan bahwa kemampuan penggunaan big data analytic dan machine learning menjadi sangat penting untuk mengoptimalkan proses digitalisasi suatu bisnis hingga mencapai skala yang lebih besar.

Adanya cloud computing juga memberikan kesempatan bagi para pelaku usaha untuk dapat bereksperimen guna meningkatkan inovasi digital.

“Dengan adanya sinergi dengan stakeholder terkait seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika RI kami siap terus berkontribusi untuk digitalisasi di Indonesia. Digitalisasi telah mengubah perilaku semua orang, termasuk bagaimana mereka mengonsumsi suatu barang dan saja yang semula berbasis offline kini hampir semuanya serba online.,” ungkap Gunawan dalam keterangannya, Rabu (7/7).

Gunawan juga menjelaskan bahwa dengan adanya digitalisasi, otomatis sebuah bisnis memerlukan antisipasi terhadap data yang dimiliki, baik dalam bentuk video, audio, dan juga gambar. Sehingga, kemampuan dalam memahami penggunaan artificial intelligence menjadi sangat krusial.

"Kemampuan ini tidak harus dimiliki oleh perusahaan-perusahaan besar saja, namun juga dapat dimiliki oleh suatu bisnis di skala kecil dan menengah. AWS pun hadir dengan menciptakan inovasi pelayanan satu atap bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), yaitu Pojok Usaha," ujar Gunawan.

Program tersebut, Ia menambahkan, akan membantu UMKM dalam hal mengakses layanan-layanan AWS yang dapat membantu mereka agar go-digital secara lebih mudah.

"Selama mereka memiliki inisiatif dan kemauan yang kuat untuk mempelajari hal yang baru, maka akan banyak manfaat yang dapat mereka rasakan ketika menggunakan layanan Pojok Usaha tersebut. Hal ini terus AWS lakukan untuk mengedukasi dengan menggandeng HIPMI dan membantu pelaku usaha UMKM, sedang, besar dan lainnya menjalankan digitalisasi." tutup Gunawan.

Penulis Dina Mirayanti Hutauruk
|
Editor Yudho Winarto
Kunjungi aws.amazon.com untuk membaca artikel lain seputar AWS Ada Untuk Indonesia
Artikel Terkait
post 1

Teknologi Cloud Disebut Bisa Kurangi Emisi Karbon hingga 78 Persen

Kompas.com - 01/12/2021, 10:37 WIB
post 1

Traveloka gunakan infrastruktur Cloud AWS untuk optimalkan sistem keamanan pelanggan

Kontan.co.id - 01/12/2021, 10:34 WIB