obj3

Ridwan Kamil Pastikan Amazon Web Service Investasi di Jawa Barat

Kompas.com - 23/11/2021, 15:00 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung Sate, beberapa waktu lalu. (KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI)

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan asal Amerika Serikat, Amazon Web Service (AWS), berencana membangun fasilitas layanan cloud computing di Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan rencana itu masih dalam tahap penjajakan. Jika terealisasi, Amazon diperkirakan bakal menggelontorkan investasi belasan triliun rupiah.

"Pembicaraan sudah terjalin enam bulanan dari tahun kemarin. Pintu masuknya dari BKPN juga. Kita datangi, diyakinkan bahwa Jabar sangat siap. Saya meeting sudah tiga kali," ujar Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, Kamis (25/3/2019).

Emil mengungkapkan ada tiga wilayah di Jawa Barat yang bakal jadi lokasi untuk pembangunan infrastruktur data center itu. Namun, ia belum bisa membocorkan lantaran masih dalam tahap penjajakan.

"Masih dirahasiakan karena sebagai perusahaan dunia mereka harus meyakinkan dulu baru merilis. Kalimat saya kan tidak mengunci lokasi. Ada tiga wilayah, tapi bukan Bandung Raya," tuturnya.

Emil menjelaskan, AWS nanti bakal membangun fasilitas pusat data dan sistem untuk para perusahaan perdagangan daring di Indonesia yang selama ini menginduk ke pusat data dan sistem di Singapura.

"Itu sebuah teknologi untuk para start-up. Jadi start-up di Indonesia kalau mau bikin sesuatu mayoritas nebeng ke fasilitas di Singapura yang paling dekat. Jadi ada duit keluar bikin flow dari sebuah sistem, termasuk unicorn kita mereka enggak di Indonesia karena enggak ada fasilitas itu, bukan hanya database tapi sistem juga," ungkapnya.

"Amazon melihat Asia Pasifik ini masih kekurangan sehingga dia akan bangun di Indonesia. Kalau di Indonesia bisa digunakan sampai Brasil. Kalau dibangun di Tanah Air kan banyak keuntungan. Investasinya belasan triliun. Ini menunjukkan pasar global yakin dengan kualitas layanan masa depan dan ekonomi Jabar," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Penulis Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani
|
Editor Rachmawati
Kunjungi aws.amazon.com untuk membaca artikel lain seputar AWS Ada Untuk Indonesia
Artikel Terkait
post 1

Melalui PT FDS, Bank Banten gunakan teknologi Amazon untuk kembangkan layanan digital

Kontan.co.id - 01/12/2021, 10:35 WIB
post 1

Traveloka gunakan infrastruktur Cloud AWS untuk optimalkan sistem keamanan pelanggan

Kontan.co.id - 01/12/2021, 10:34 WIB